PENINGKATAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DI KELAS X SMAN 1 KAMPAR

Yustina ", Risa Febri Indriani, Darmadi Ahmad

Sari


ABSTRACT

 

 A class action research has been done to the increace motivation and skill students with application of learning models Science Technology Society (SENT) with approaches Natural Roaming Around (JAS) in the class X SMAN 1 Kampar. This research was conducted from April to June 2015. The subjects were students of class X MIA1 semester totaling 34 students, consisting of 8 male students and 26 female students. The parameters in this study is motivation and skill students. The results showed that the motivation and skill students has to increased. On learning motivation of 6.41% was obtained after at cycle I and increased to 10.56% at cycle II. Skills such products LKPD and reports have increased at cycle I is 3.21 predicate B + (Good) and increased to 3.58 predicate A- (Excellent) at cycle II. On average skill products has risen 3.43 predicate B + (Good) at cycle I in the form of Mading three-dimensional (3D) and increased to 3.63 predicate A- (Excellent) at cycle II in the form of Bokashi. Based on the research results, it can be concluded that the application of learning models Science Technology Society (SENT) with approaches Natural Roaming Around (JAS) can be to improve motivation and skill students of biology in the class X MIA1 SMAN 1 Kampar.

 

Keywords: Learning models SENT, JAS approach, Learning Motivation, skill Students.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustini D., Subagia, dan Suardana. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Penguasaan Materi Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MTS. Negeri Patas. e-Journal Program Pascasarjana. Vol. 3 Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Dwi Nur Hairani. 2011. Penerapan Model Pembelajaran (Learning Cycle) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII6 SMP N 22 Pekanbaru Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Riau. Pekanbaru.

Ery Wibawa, Suara, Sujana. 2014. Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Srikandi. e-Journal Mimbar PGSD Vol. 2 (1) Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Euis Yuniastuti. 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Biologi dengan Pendekatan Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar Pada Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan. Jurnal Socioscientia. Vol. 5 (1) Universitas Tridharma. Balikpapan.

Indah Puspita Sari, Margareta Rahayuningsih, Nugroho Edi K. 2012. Pemanfaatan Kebun Sebagai Sumber Belajar Dengan Menerapkan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS). Journal of Biology Education (2) Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Krista Septiawan, Arini dan Wawan Sudatha. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Sains.Teknologi Masyarakat (STM) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Semester Ganjil di SD Negeri 2 Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Jurnal Mimbar PGSD Vol. 2 (1) Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Mahmuddin. 2009. Pendekatan Sains, Teknologi, dan Masyarakat dalam Pembela jaran.

http://mahmuddin. wordpress.

Mustamir Anwar, Supardi, Sugiharto. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Bioenterpreneurship Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Ilmiah dan Minat Berwirausaha Siswa. Innovative Journal Of Curriculum And Educational Technology. Vol. 1 (01). Universitas Negeri Semarang.

Ni Ketut Armini, Lasmawan, Gede Rasben Dantes. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Kuta Selatan Badung. e-Journal Program Pascasarjana. Vol. 3 : 1-12 Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Retno Palupi, Sri Anitah dan Budiyono. 2014. Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal Fkip Uns. Vol.2 (2), hal 157-170.

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Simpen Kresna, Sumantri dan Margunayasa. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sd Kelas Iv Gugus Viii Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Vol. 2 (1) Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Smarabawa, Arnyana, dan Setiawan.2013. Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Program Pascasarjana Vol.3 Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Trianto. 2007. Panduan lengkap penelitian tindakan kelas. prestasi pustaka. Jakarta.

Yuli Nurul Fauziah. 2011. Analisis Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V PadaPembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus No. 2, ISSN 1412-565X.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.12.2.67-74

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.