BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM JARINGAN HEWAN MENGGUNAKAN VIRTUAL LABORATORY

Viola Vinca Valisa, Evi Suryawati, Arnentis Arnentis

Sari


The most problem occurs in the praticum in the real laboratory, so it's not going well. It can affect the depth of concepts, principles, laws and theories that must be understood by the biology teacher candidates. One of the alternatives that can be done is practicum to use a virtual laboratory. The purpose of research is to develop a practical guidebook for animal tissue materials in practicum activities using virtual laboratories for teacher candidates. This research was conducted at the Laboratory of PMIPA FKIP Riau University in December 2020–May 2021. It used a Research and Development (R&D) approach with ADDIE model. The instruments used are validation expert and response questionnaires. The results showed that the guide books is good quality and suitable to be used as independent learning resources to increase content knowledge for teacher candidates.


Kata Kunci


Guide Book; Animal Tissue; Virtual Laboratory

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afridayanti, R. dan Azizah, U. 2020. Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Model Pembelajaran Learning Cycle 7 E Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa Di Sma Kelas XI. Unesa Journal of Chemical Education, 9(1), 53-58.

Alexander, A., Rahayu, H. M., dan Kurniawan, A. D. 2018. Pengembangan Penuntun Praktikum Fotosintesis Berbasis Audio Visual Menggunakan Program Camtacia Studio di SMAN 1 Hulu Gurung. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 75-82.

Andi Prastowo. 2012. Pengembangan Sumber Belajar. Yogyakarta: Pedagogia.

Anggani, A.D., Paidi, dan Triharjana. 2016. Identifikasi Kesulitan Belajar Struktur Fungsi Jaringan Hewan Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Muntilan. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(4), 39-50.

Anif, S. 2013. Profil Kompetensi Profesional Guru Mapel Biologi Pasca Sertifikasi di Karesidenan Surakarta. Varia Pendidikan, 25(2), 205-223.

Arsika, R. dan Ramadhan, M. F. 2015. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Ipa Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Lembar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(1), 10-18.

Lase, N. K. 2020. Analisis Pengetahuan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Ikip Gunungsitoli Tentang Peralatan Laboratorium dan Fungsinya. Didaktik, 14(1), 2377-2386.

Nisa, A. K. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Laboratorium Virtual Online (Mcgraw-Hill Education) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Animalia. Skripsi. FKIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Soedarso, N. 2014. Perancangan Buku Ilustrasi Mahapatih Gajah Mada. Humaniora, 5(2), 561-570.

Sofiyana, M.S., Rohman, F., dan Saptasari, M. 2016. Pengembangan Buku Referensi Bioekologi Berdasarkan Kajian Struktur Komunitas Lumut Epifit di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Konstruktivisme, 8(2), 301-316.

Supriadi. 2015. Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127-139.

Suryaman, M. 2012. Penggunaan Bahasa di Dalam Penulisan Buku Nonteks Pelajaran. Makalah, FSB Universitas Negeri Yogyakarta.

Wanti, A.S.W., dan Haris, H. 2016. Peranan Media Gambar (Visual) dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN di SMPN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Tomalebbi, 2(2), 29- 34.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.17.2.81-87

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.