EFIKASI DIRI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS RIAU DALAM PEMBELAJARAN DARING

Aisyah Rusy Anasti, Wan Syafi'i, Firdaus L.N

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efikasi diri mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau dalam pembelajaran daring. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei (online). Sampel pada penelitian yaitu seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau yang aktif mengikuti kegiatan perkuliahan daring sebanyak 101 mahasiswa. Data diperoleh melalui penyebaran angket secara random (online) disemua angkatan aktif dalam bentuk google form, dan pedoman wawancara yang dilakukan melalui fitur pesan pada aplikasi Whatsapp. Analisis data melalui perhitungan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efikasi diri mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau dalam pembelajaran daring tergolong tinggi. Hal ini ditunjukkan karena tingginya nilai efikasi diri pada keempat dimensi, yakni teknologi, manajemen waktu, interaksi sosial, dan pembelajaran. Dengan demikian, kemampuan diri mahasiswa sehubungan dengan aktivitas akademik selama pembelajaran daring diterapkan tergolong baik


Kata Kunci


Efikasi diri; pembelajaran daring; mahasiswa pendidikan biologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adian, K. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Tingkat Stress pada Mahasiswa Perantau Tahun Pertama di Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Akturk, A. O., & Ozturk, H. S. (2019). Teacher’s TPACK Levels and Students Self-Efficacy as Predictors of Students Academic Achievement. International Journal of Research in Education and Sciece, 5(1), 283–294.

Alqurashi, E. (2016). Self-Efficacy in Online Learning Environments: A Literature Review. Contemporary Issues in Education Research , 9(1), 45–52.

Arpaci, I. (2017). The Role of Self-Efficacy in Predicting Use of Distance Education Tools and Learning Management Systems. Turkish Online Journal of Distance Education , 18(1), 52–62.

Aryanti, Y. D., & Muhsin. (2020). Pengaruh Efikasi Diri, Perhatian Orang Tua, Iklim Kelas, dan Kreativitas Mengajar terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal , 9(1), 243–260.

Azis, Y. M., Suharyati, H., & Susanti, S. (2019). Relationship Between Prior Knowledge and Internet Self-Efficacy on the Success of Learning Mathematics by Using E-Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research , 440, 43–47.

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. W.H. Freeman Company.

Bangung, P., Hariani, L. S., & Walipah. (2020). Motivasi Berprestasi: Konsep Diri, Kecerdasan Emosional, dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi , 5(1), 24–31.

Basith, A., Syahputra, A., & Ichwanto, M. A. (2020). Academic Self-Efficacy as Predictor of Academic Achievement. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 163–170.

Daryanes, F. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Strategi Perkuliahan “Students As Researchers” Dalam Melatih Kemampuan Self Regulation Mahasiswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 103–111. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6962

Daryanes, F., & Fauza, N. (2020). Peningkatan Self Regulation Mahasiswa melalui Strategi Perkuliahan “Students as Researchers” berbasis Online Learning. Bioedusiana, 5(2), 131–144. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2246

di Marco, L., el Kechai, H., Martin, D. K., & Gillois, P. (2019). Blended Learning for French Health Students: Does Acceptance of a Learning Management System Influence Students Self-Efficacy? MEDINFO, 1169–1173.

Efendi, D. H., Sandayati, V., & Hutasuhut, A. F. (2020). Hubungan Efekasi Diri dengan Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Anfusina: Journal of Psychology , 3(1), 21–32.

Firdaningsih. (2016). Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan , 1(1), 47–60.

Fitriah, L. A., Wijayadi, A. W., & Hayati, N. (2020). Efikasi Diri, Kestabilan Emosi, dan Keberhasilan Akademik Mahasiswa dalam Perkuliahan. Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 44–51.

Guner, U. C. (2021). The Relationship Between Time, Management, Self-Efficacy and Academic Success Levels of Nursing and Midwifery Students and Various Variables. Journal of Samsun Health Sciences , 6(1), 128–135.

Ithriah, S. A., Ridwandono, D., & Suryanto, T. L. M. (2020). Online Learning Self-Efficacy: The Role in E-Learning Success. Journal of Physics: Conference Series , 1569, 1–6.

Jagad, H. K. M., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Self Regulated Learning pada Siswa SMPN X. Jurnal Penelitian Psikologi , 5(3), 1–6.

Jaradat, S. A., & Ajlouni, A. O. (2020). Social Presence and Self-Efficacy in Relation to Students Satisfication in Online Learning Setting: A Predictive Study. International Journal of Education and Practice, 8(4), 759–778.

Kenton, J., & Blummer, B. (2010). Promoting digital literacy skills: examples form the literature and implications for academic librarians. Community and Junior Collage Libraries, 16(2), 84–99.

Maulah, S., Nurul, F., & Ummah, N. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi , 1(2), 49–61.

Muliadi, A., Mirawati, B., & Jannah, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19: Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan , 5(2), 625–633.

Naji, K. K., Du, X., Tarlochan, F., Ebead, U., Hasan, M. A., & Al-Ali, A. K. (2020). Engineering Students Readiness to Transition to Emergency Online Learning in Response to Covid-19: Case of Qatar. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(10), 1–17.

Nardi, A., & Ranieri, M. (2019). Comparing paper-based and electronic multiple-choices examinations with personal devices: impacts on students performance, self-efficacy, and satisfication. British Journal of Educational Technology, 50(3), 1495–1506.

Nasrullah, S., & Khan, M. S. (2015). The Impact of Time Management on the Students Academic Achievements. Journal of Literature, Language and Liguistics , 11(1), 66–71.

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri terhadap Proses dan Hasil Belajar Matematika. Journal on Teacher Education , 1(2), 26–32.

Perwita, D. (2021). Literasi media digital mahasiswa universitas jendral soedirman. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 9(1), 8–13.

Prihatini, A., Romas, M. Z., & Wdiantoro, Fx. W. (2018). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Universitas X Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 14(1), 7–11.

Prior, D. D., Mazanov, J., Meacheam, D., Heaslip, G., & Hanson, J. (2016). Attitude, Digital Literacy, and Self-Efficacy: Flow-on effects for online

learning behavior. Internet and Higher Education , 29(2016), 91–97.

Putra, R. A., & Daryanes, F. (2021). ANALISIS SELF REGULATION GURU BIOLOGI SMA NEGERI KOTA PEKANBARU. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1, 1–6.

Rochmatika, A., Eva, N., & Tantiani, F. F. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Self-Regulated Learning pada Santriwati. Psyche: Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 3(2), 134–144.

Safitri, I., Yolida, B., & Surbakti, A. (2019). Hubungan Self-Efficacy Berdasarkan Gender dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA. Jurnal Bioterdidik , 7(3), 32–40.

Safraturrina, Nurdin, S., & Martunis. (2016). Hubungan Efikasi Diri dengan Kemandirian Belajar pada Siswa (Suatu Studi Penelitian pada MAN Darussalam). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 66–72.

Sari, T. T. (2020). Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga dalam Keberhasilan Belajar dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Education Research and Development, 4(2), 127–136.

Schneider, M., & Preckel, F. (2017). Variables Associated With Achievement in Higher Education: A Systematic Review of Meta Analyses. Psychologycal Bulletin.

Septiana, Y. (2020). Survei Efikasi Diri Mahasiswa Prodi Pendidikan Akutansi pada Masa Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Ekonomi Pendidikan , 17(2), 83–97.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Suraya, W. H., & Nordin, J. (2017). Self-Efficacy and Academic Performance of Secondary School Students in Perak: An Exploratory Outlook. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development , 6(3), 41–55.

Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E-Learning pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan , 6(2), 275–283.

Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal AKRAB , 10(2), 60–70.

Tang, C. M., & Chaw, L. Y. (2016). Digital Literacy: A Prerequisite for Effective Learning in a Blended Learning Environment? The Electronic Journal of E-Learning , 14(1), 54–65.

Valentin, R. R., & Hadi, N. U. (2018). Analisis Keyakinan Diri (Self-Efficacy) Akademik dan Pola Asuh Orangtua terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi , 12(1), 142–154.

Yavuzalp, N., & Bahcivan, E. (2020). The Online Learning Self-Efficacy Scale: Its Adaptation Into Turkish And Interpretation According to Various Variables. Turkish Online Journal of Distance Education, 21(1), 31–44.

Yildiz, D. H. (2018). Flipped learning readiness in teaching programming in middle schools: modelling its relation to various variables. Journal of Computer Assisted Learning , 34(6), 939–959.

Yokoyama, S. (2019). Academic Self-Efficacy and Academic Performance in Online Learning: A Mini Review. Frontiers in Psychology , 9, 1–4.

Yudha, A., & Nugroho, F. (2019). Self Regulated Learning Ditinjau dari Efikasi Diri Siswa. Jurnal Psikologi Jambi , 4(1), 25–29.

Yuliatika, D., Rahmawati, S. W., & Palupi, S. R. (2017). Self-Efficacy dan Motivasi Beprestasi Siswa SMA Negeri 7 Purworejo. Jurnal Psiko Utama , 5(2), 51–59.

Zimmerman, W. A., & Kulikowich, J. M. (2016). Online Learning Self-Efficacy in Students With and Without Online Learning Experience. The American Journal of Distance Education, 30(3), 180–191.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.18.1.42-53

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.