PERSEPSI GURU BIOLOGI TERHADAP COMPUTATIONAL THINKING PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS SE KECAMATAN KAYEN

Fenti Kumala Sari, Fenny Roshayanti, Reni Rakhmawati, Muhammad Syaipul Hayat

Sari


Berpikir komputasi adalah rangkaian proses yang dilakukan secara kreatif dalam menerapkan penyelesaian masalah yang meliputi ide, tantangan, dan peluang yang ditemui guna mengembangkan solusi yang dipilih. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru biologi terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis computational thinking di Sekolah Menengah Atas se Kecamatan Kayen yang terdiri dari SMA Negeri 1 Kayen, SMA PGRI 2 Kayen, SMA Muhammadiyah 3 Kayen, SMA Joyokusumo Kayen, dan SMA Rifaiyah Kayen. Manfaat dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru biologi terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis computational thinking di Sekolah Menengah Atas se Kecamatan Kayen. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi yang bertugas di Sekolah Menenengah Atas di Kecamatan Kayen yang berjumlah 10 guru.  Data hasil penelitian ini diperoleh dengan membagikan angket kepada seluruh guru biologi yang berada di Sekolah Menengah Atas se Kecamatan Kayen. Teknik analisis data untuk mencari nilai hitung atau statistik untuk selanjutnya diinterpretasikan untuk pengampilan keputusan penelitian dengan  menggunakan SPSS versi 20 for windows. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh persentase persepsi guru biologi terhadap computational thinking berjumlah 51,9% dengan jumlah responden 7 orang dengan kategori cukup, 46,2% dengan kategori baik dengan jumlah responden 2 orang, sedangkan 1,9% dengan kategori sangat baik dengan jumlah responden 1 orang saja. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa, persepsi guru biologi terhadap pelaksanaan pembelajaran berbasis computational thinking  di Sekolah Menengah Atas se Kecamatan Kayen tergolong cukup dengan persentase yang tinggi yaitu 51,9% dengan jumlah responden sebanyak 7 orang


Kata Kunci


Pembelajaran berbasis computational thinking; persepsi guru; SMA se Kecamatan Kayen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, A., Sajidan, S., Akhyar, M., & Suryani, N. (2019). Development frameworks of the Indonesian partnership 21st-century skills standards for prospective science teachers: A Delphi Study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8 (1): 89-100.

Anistyasari, Y., Ekohariadi, E., & Munoto, M. (2020). Strategi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan pemrograman dan berpikir komputasi: sebuah studi literatur. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 2(2) : 37-44.

Aprilianti, Y., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga. Journal On Education, 1(2) : 524-532.

Barr, Valerie, and Chris Stephenson. (2011). “Bringing Computational Thinking to K-12.” ACM Inroads 2(1): 48–54.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50-56

Fajri, M., & Utomo, E. (2019). Computational Thinking, Mathematical Thinking Berorientasi Gaya Kognitif Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Dinamika Matematika Sekolah Dasar, 1(1): 1-18.

Fajri, M., Yurniawati., & Utomo, E. (2019). Computational Thinking , Mathematical Thinking Berorientasi Gaya Kognitif Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Dinamika Matematika Sekolah Dasar 1 (1):1-18

Fitriani, W., Suwarjo, S., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9 (2) : 234-242.

Isthofiyani. (2014). Persepsi Guru Biologi Sekolah Menengat Atas (SMA) terhadap Kurikulum 2013. Unnes Journal of Biology Education 3 (1). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ilgan, A., Cengiz, O. O, Ata, A., & Akram, M. (2015). The relationship between teacher’s psychological well being and their quality of school work life. The journal of Happiness & Well-Being, 3 (2) :159-181.

Koswara & Rasto. (2016). Kompetensi dan kinerja guru berdasarkan sertifikasi profesi. Jurnal pendidikan dan manajemen perkantoran, 1(1): 64-74.

Rafli, M. (2020). Implementasi Berpikir Komputasi Pada Graf Dengan Model Problem Based Learning. (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Rahmadhani, L. I. P., & Mariani, S. (2021). Kemampuan Komputasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika SMP Melalui Digital Project Based Learning Ditinjau Dari Self Efficacy. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4 (2) : 289-297.

Ratnawati, E., & Rodiyana, R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Meaningful Instruction Design Terhadap Kemampuan Metakognitf Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 4 (2) : 193-200.

Resti, V. D. A. (2013). Kajian Neurosains dalam Perkembangan Pembelajaran Biologi Abad 21. In Prosiding Seminar Biologi, 10 (2) : 63-71

Rosadi, M. E., Wagino, W., Alamsyah, N., Rasyidan, M., & Kurniawan, M. Y. (2020). Sosialisasi Computational Thinking untuk Guru-Guru di SDN Teluk dalam 3 Banjarmasin. Jurnal SOLMA, 9(1) : 45-54.

Sa’diyyah, F. N., Mania, S., & Suharti, S. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1) : 17-26.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah al-Awlad, 8(2): 107-117.

Sucipto, S. (2017). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1): 77-85.

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, 8(2) : 1277-1283.

Waterman, K.P., Goldsmith, L., & Pasquale, M. (2020). Integrating computational thinking into elementary science curriculum: an examination of activities that support students’ computational thinking in the service of disciplinary learning. Journal of Science Education and Technology, 29(1):53–64.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.18.1.68-84

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.