HASIL BELAJAR DAN PERMASALAHAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MATERI SISTEM GERAK DI KELAS XI MIPA

Faradina Afida, Zulfarina Zulfarina, Yuslim Fauziah

Sari


Pandemi Covid-19 yang kini mulai mereda menyebabkan pemerintah mengizinkan beberapa wilayah untuk membuka kembali kegiatan tatap muka walaupun secara terbatas, salah satunya di SMA Negeri 1 Gunung Toar. Materi dari sistem gerak sebelum pembelajaran tatap muka terbatas menurut guru memiliki kesulitan tersendiri pada mekanisme bioproses seperti proses osifikasi pada tulang dan mekanisme kontraksi serta relaksasi otot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan permasalahan pembelajaran tatap muka terbatas pada materi sistem gerak di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gunung Toar.Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 44 siswa. Hasil belajar nilai ulangan harian materi sistem gerak di kelas XI MIPA pada pembelajaran tatap muka terbatas, siswa yang tuntassebesar 42% dan siswa yang belum tuntas sebesar 58%.Permasalahan pembelajaran tatap muka terbatas di SMA Negeri 1 Gunung Toar dapat dikategori sedang, artinya cukup menimbulkan permasalahan belajar. Adapun indikator permasalahannya yaitu lingkungan belajar sekolah, motivasi siswa, dan durasi belajar dalam kelas.


Kata Kunci


Pembelajaran Tatap Muka Terbatas; Hasil Belajar; Permasalahan Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifin, H. N. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Masa Pandemi Covid-19 Ma Al-Amin Tabanan Tahun Pelajaran 2021/2022. Widya Balina, 6(12), 74–83. https://doi.org/10.53958/wb.v6i12.104

Daryanes, F., & Fauza, N. (2020). Peningkatan Self Regulation Mahasiswa melalui Strategi Perkuliahan “Students as Researchers” berbasis Online Learning. Bioedusiana, 5(2), 131–144. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2246

Daryanes, F., & Putra, R. A. (2021). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Guru Biologi Kota Pekanbaru. Journal Of Biology Education, 4(2), 138. https://doi.org/10.21043/jobe.v4i2.11660

Delviana, O. N., Wulandari, V. A., Rohmah, A., Nurul, W., & Jariyah, I. A. (2022). ANALISIS RESPON SISWA MTs. ASSA’ADAH II BUNGAH GRESIK TERHADAP PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS SELAMA PANDEMI. Jurnal Pendidikan, 10(1), 66–82.

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352.

Putra, R. A., & Daryanes, F. (2021). ANALISIS SELF REGULATION GURU BIOLOGI SMA NEGERI KOTA PEKANBARU. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1, 1–6.

Rahmawati, O. P. (2014). PENGGUNAAN MEDIA TORSO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR Oktavia

Putri Rahmawati. JPGSD, 02(02), 1–10.

Suryani, L., Tute, K. J., Nduru, M. P., & Pendy, A. (2022). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2234–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1915

Tandi, M., & Limbong, M. (2021). EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA SMA KRISTEN BARANA’ PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI MASA NEW NORMAL. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 10(01), 13–20.

Tanuwijaya, S., & Tambunan, W. (2021). ALTERNATIF SOLUSI MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENGATASI RESIKO PENURUNAN CAPAIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MASA PANDEMIC COVID 19 ( STUDI KASUS ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN ). 10(02).

Yustina, W. Syafii, R. Vebrianto. (2020). The Effects Of Blended Learning And Project-Based Learning On Pre-Service Biology Teachers’ Creative Thinking Through Online Learning In The Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 9(3):403-420. Diunduh dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/24706




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.18.2.98-108

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.