PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA MINI KINGDOM PLANTAE BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X

Anggraini Anggraini, Wan Syafi'i, Firdaus L.N.

Sari


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan ensiklopedia mini Kingdom Plantae berbasis Android untuk pembelajaran Biologi kelas X SMA yang layak digunakan ditinjau dari aspek kevalidan dan kepraktisannya. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan hingga tahap development (pengembangan) dan dilaksanakan pada bulan Januari 2021 hingga Maret 2022. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk mencari tingkat validitas dan angket respon untuk mencari tingkat praktikalitas. Hasil validasi pengembangan ensiklopedia mini Kingdom Plantae berbasis Android menurut aspek materi, bahasa, penyajian, tampilan, dan penggunaan memperoleh skor 91,7% dalam kategori sangat valid. Hasil uji coba terbatas berdasarkan aspek materi, penyajian, bahasa dan penggunaan memperoleh skor 89,2% dalam kategori sangat praktis. Kelayakan ensiklopedia berdasarkan rerata nilai kevalidan dan kepraktisan memperoleh skor 90,45% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan perolehan nilai tersebut, ensiklopedia mini Kingdom Plantae berbasis Android yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar berdasarkan kevalidan dan kepraktisannya bagi siswa dan guru untuk memahami materi Kingdom Plantae pada pembelajaran Biologi kelas X SMA.


Kata Kunci


Ensiklopedia Mini; Kingdom Plantae; Android; Pembelajaran Biologi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanes, F. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Strategi Perkuliahan “Students As Researchers” Dalam Melatih Kemampuan Self Regulation Mahasiswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 103–111. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6962

Fajrina, A. E. (2017). Pengembangan Mobile Encyclopedia Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Mandiri Materi Pengantar dan Referensi Baca Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan 1 SMK Teknik Bangunan.

Hidayat, A., Saputro, S., & Sukardjo, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum-Hukum Dasar Kimia Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X Sman 1 Boyolali Dan Sman 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(2), 47–56.

Ismail, I., Suryani, A. I., Nurfadilla, K., & Hasmunarti, H. (2022). Pengembangan Media E Ensiklopedia Sistem Gerak sebagai Sumber Belajar untuk Kelas XI. Biogenerasi, 7(1), 50–59.

Julianti, R., Asra, R., & Yelianti, U. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Tumbuhan Obat Masyarakat Kerinci Sebagai Sumber Belajar Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Siswa SMA. Biodik, 7(01), 13–22. https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.11314

Kamilah, A. F. (2016). Peran Internet terhadap Proses Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas Kecamatan Pondok Gede Kota Bekasi. 1101617005.

Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. PT. Refika Aditama.

Lilis, S., Ningsih, K., & Marlina, R. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Peralatan dan Bahan Laboratorium Biologi sebagai Sumber Belajar SMA Negeri 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6), 1–12.

Mardiana, M., Akhyar, M., & Musada, A. A. (2019). Analisis Kebutuhan Siswa di SMA Negeri 3 Bolo Terhadap Bahan Ajar Bergambar pada Materi Plantae. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 11–18. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2403

Nizar, S., Ulung, Y., & Susanti, R. (2017). Pengembangan Ensiklopedia Tanaman Obat Koleksi PT. Sidomuncul sebagai Media Pembelajaran Materi Plantae Kelas X SMA. Journal of Biology Education, 6(1), 11–18.

Noviar, D. (2016). Pengembangan Ensiklopedi Biologi Mobile Berbasis Android Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 15(2), 198–207. https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8255

Nuna, S., Sengkey, R., & Paturusi, S. D. E. (2020). Aplikasi Pembelajaran Reproduksi Tumbuhan Pada Siswa SMA menggunakan Augmented Reality. Teknik Informatika, 1–8.

Nur Afinni Dwi Jayanti, U., Susilo, H., & Suarsini, E. (2017). Analisis Kebutuhan Bentuk Sumber Belajar dan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal untuk Kelas X SMA di Provinsi Lampung. In Prosiding Seminan Pendidikan IPA Pascasarjana UM (Vol. 2, pp. 591–599).

Prasetiyo, N. A., & Pertiwi, P. (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lingkungan Hidup Pada Matakuliah Biologi Di Universitas Tribhuana Tunggadewi The Development of Environment based Textbook in Biology Course at Tribhuwana Tunggadewi University. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 19–27.

Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738

S, M. M., & Harahap, F. (2018). Pengembangan Ensiklopedia Genetika Mendel sebagai Sumber Belajar Biologi pada Materi Hereditas di Kelas XII IPA. 5–6.

Sofiyana, M. S., Rohman, F., & Saptasari, M. (2016). Pengembangan Buku Referensi Bioekologi Berdasarkan Kajian Struktur Komunitas Lumut Epifit di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. 8(2), 117–130.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.18.2.122-131

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.