PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET BERBASIS INKUIRI PADA MATERI SEL KELAS XI SMA

Elda Permatasari, Yuslim Fauziah, Darmawati Darmawati

Sari


Keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya penggunaan media pembelajaran. Biologi pada materi sel merupakan materi yang sulit dipahami karena terdapat banyak konsep abstrak dan istilah yang membingungkan. Salah satu kendala yang dihadapi peserta didik dalam proses pembelajaran materi sel yaitu kurang bervariasinya media pembelajaran yang berpengaruh terhadap rendahnya respon dan minat peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran booklet berbasis inkuiri pada materi sel kelas XI SMA. Pengembangan booklet menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang dilakukan sampai tahap development. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi dan angket respon. Penelitian divalidasi oleh 2 orang dosen Pendidikan Biologi Universitas Riau dan 2 orang guru Biologi SMAN 1 Bunguran Timur. Hasil rata-rata nilai validitas pada keseluruhan aspek sebesar 3,40 dengan katagori sangat valid. Hasil uji coba tahap I memperoleh skor 3,46  dengan katagori sangat valid dan uji coba tahap II memperoleh skor 3,51 dengan katagori sangat valid. Jadi pengembangan booklet berbasis inkuiri pada materi sel kelas XI SMA layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.


Kata Kunci


Media pembelajaran; Booklet; Inkuiri; Sel

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alpisah, M., Ajizah, A., Irianti, R., Studi, M., Biologi, P., Mangkurat, U. L., Program, D., Pendidikan, S., Mangkurat, L., & Kencana, B. (2022). Jurnal JBES: 2021, 11–16.

Azizah, P., & Syamsurizal, S. (2022). Kebutuhan Booklet sebagai Suplemen Bahan Ajar pada Materi Kingdom Fungi Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 121–126.

Benny A. Pribadi. (2017). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Kencana.

Daryanes, F. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Strategi Perkuliahan “Students As Researchers” Dalam Melatih Kemampuan Self Regulation

Mahasiswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 103–111. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6962

Daryanes, F., & Fauza, N. (2020). Peningkatan Self Regulation Mahasiswa melalui Strategi Perkuliahan “Students as Researchers” berbasis Online Learning. Bioedusiana, 5(2), 131–144. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2246

Fitriani, L., & Krisnawati, Y. (2019). Pengembangan Media Booklet Berbasis Keanekaragaman Jenis Jamur Makroskopis. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 143–151.

Fuziawati, L., Listiawati, M., & ... (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis Booklet materi sistem reproduksi manusia kelas XI SMA. Seminar Nasional VI, 70–77.

Hakim, A. R., Ramdani, A., & Setiadi, D. (2020). Bahan Ajar Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 482–487.

Hoiroh, A. M. M., & Isnawati, I. (2020). Pengembangan Media Booklet Elektronik Materi Jamur untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 292–301.

Ismail, M. A. dan. (2019). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Duta Media Publishing.

Lismina. (2017). Pengembangan Kurikulum. Uwais Inspirasi Indonesia.

Munandar, R. R., Sutjihati, S., & Irpan, A. M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Melalui Praktikum Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep Sistem Respirasi. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 10–17.

Nikmah Rahmatih, A., Yuniastuti, A., & Susanti, R. (2018). Pengembangan Booklet Berdasarkan Kajian Potensi Dan Masalah Lokal Sebagai Suplemen Bahan Ajar SMK PERTANIAN. Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek III, 474–481.

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88.

Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet Pada Materi Sistem Imun Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 8 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 4(1), 64–73.

Ramen A Purba, Imam Rofiki, Sukarman Purba, Pratiwi Bernadetta Purba, E., Bachtiar, Akbar Iskandar, Febrianty, Yanti, Janner Simarmata, D. C., &

Dewi Suryani Purba, B. P. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Rani Rahim, Ganjar Rahmat Gumelar, Nur Chabibah, Mesra Wati’ Ritonga, V., Febiani Musyadad, Dina Komalasari, Sukarman Purba, La Ili, L. R., &

Sitompul, A. H. (2021). Pendekatan Pembelajaran Guru. Yayasan Kita Menulis.

Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA / MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59.

Subeki, R. S., Astriani, D., & Qosyim, A. (2022). Media Simulasi PhET Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Getaran dan Gelombang Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(1), 75–80.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syamsurizal, S., & Ardianti, R. (2021). Booklet Sistem Koordinasi sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 404–410.

Tantrem Arin Mawati. (2021). Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Wirdawati. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kelangsungan hidup makhluk melalui pembuatan cerita bergambar dengan pembelajaran ipa berbasis inkuiri. 3, 1306–1313.

Yudistira, O. K., Syamsurizal, S., Helendra, H., & Attifah, Y. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Booklet Sistem Imun Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 39–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.18.2.145-155

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.