PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS CANVA PADA MATERI SISTEM REGULASI

Lyne Vina Sartua Pardede, Mariani Natalina L, Darmadi Darmadi

Sari


Pandemi Covid-19 menyebabkan banyaknya perubahan dalam proses pembelajaran yang menyebakan guru dan siswa gamang dalam proses belajar mengajar dengan waktu yang singkat. Karena hal inilah dibutuhkan bahan ajar yang bisa mendukung proses pembelajaran secara mandiri. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan modul elektronik yang berkualitas berbasis Canva pada materi sistem regulasi. Penelitian ini dilaksanakan di dua tempat, yaitu Kampus Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau dan di SMAN Plus Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang mengacu pada pendekatan penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE (Analye, Design, Development, Implement and Evaluate) dalam penelitian ini, peneliti hanya melakukan penelitian hingga tahap development. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar validasi dan angket respon. Validasi dilakukan oleh 4 orang validator yang terdiri dari 2 orang dosen pendidikan biologi dan 2 orang guru biologi SMA. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rekap hasil validasi dari  modul elektronik pada secara keseluruhan adalah 3.61 yang berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis Canva pada materi sistem regulasi telah berhasil dikembangkan dan memperoleh kategori sangat valid dan sangat baik sehingga dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.


Kata Kunci


Modul Elektronik; Canva; Sistem Regulasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i1.986

Anjarwati, S. (2019). PEMANFAATAN ALAM TERBUKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi). https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2009

Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2020). The Relationship of Illustrative Content In Flipbook Type of E-Book As An Illustrative Learning Media In Immune System With Reading Test Results Using …. In BioEdu.

Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN ILUSTRATIF E-BOOK TIPE FLIPBOOK PADA MATERI SISTEM IMUN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN MEMBUAT POSTER. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi. https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p40-51

Daryanes, F., & Putra, R. A. (2021). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Guru Biologi Kota Pekanbaru. Journal Of Biology Education, 4(2), 138. https://doi.org/10.21043/jobe.v4i2.11660

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Eko, P. W. 2014. Penilaian Hasil Belajar di Sekolahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gehred, A. P. (2020). Canva. Journal of the Medical Library Association. https://doi.org/10.5195/jmla.2020.940

Hamzah, B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hardinata, R., Murwitaningsih, S., & Amirullah, G. (2018). Pengembangan Mobile Learning Sistem Koordinasi Berbasis Android. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains. https://doi.org/10.29405/j.bes/2153-581334

Haryanto, A. & Ernawati, M. D. W. (2020). E-worksheet for science processing skills using kvisoft flipbook. International Journal of Online and Biomedical Engineering. https://doi.org/10.3991/IJOE.V16I03.12381

Henno, I. dan Reiska, P. 2008. “Using Concept Mapping As Assesment Tool In School Biology”. Concept Mapping, Connecting Educators.

Istigfar, A. M., Wijaya, M., & Nurmila, N. (2018). PENGARUH MULTIMEDIA NCESOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI PEMBELAJARAN PENGENDALIAN GULMA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI ATPH SMK NEGERI 1 BONE-BONE. Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. https://doi.org/10.26858/jptp.v1i0.6234

Juhji, J. (2017). Upaya Mengatasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Saraf Melalui Penggunaan Peta Konsep. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1200

Junita, I. & Sukardi, S. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Karagöz, M. & Çakir, M. (2011). Problem solving in genetics: Conceptual and procedural difficulties. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri.

Kemendikbud. 2017. Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah

Murdiyani, I. (2012). Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE E-LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology.

Nana S. 2006. Metode Statistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nufus, H., Susilawati, S., & Linda, R. (2020). Implementation of E-Module Stoiciometry Based on Kvisoft Flipbook Maker for Increasing Understanding Study Learning Concepts of Class X Senior High School. Journal of Educational Sciences. https://doi.org/10.31258/jes.4.2.p.261-272

Nurachmah, E. 2017. Dasar-dasar anatomi dan Fisiologi. Singapura: Elsevier.

Oemar, H. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Pelangi, G. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA JENJANG SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM.

Pratama, H., Eliwatis, E., & Fajar, N. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM REGULASI UNTUK SISWA SMA/MA. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31958/js.v10i2.1202

Puspita*, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.20334

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.

Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738

Siska, E., & Noviyah, N. M. R. (2021). Sosialisasi Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pada Masa New Normal Dan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Digital Marketing Di Panti Sosial Asuhan Anak Muslimin Manggarai Selatan Tebet. Jurnal Abdimas Perbanas (JAP).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.18.2.132-144

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.