PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) ELEKTRONIK PADA MATERI NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA, DAN ZAT ADIKTIF DI KELAS XI SMA

Ranti Ramadani, Mariani Natalina, Yuslim Fauziah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas E-LKPD pada materi Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di program studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau pada bulan Agustus 2021 – Juni 2022. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan hingga tahap development karena tujuan penelitian ini hanya sebatas mengembangkan suatu sumber belajar yang valid untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian ahli/validator dan tanggapan responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari LKPD elektronik dan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi berupa angket dengan skala likert yang digunakan untuk mengetahui apakah produk yang telah dirancang valid atau tidak. Teknik analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisa data kuantitatif yang kemudian akan diubah menjadi data kualitatif. Data kualitatif seperti saran, kritik dari dosen ahli, maupun guru dijadikan dasar untuk perbaikan atau penyempurnaan LKPD elektronik yang akan diuji coba. Hasil validasi memperoleh nilai rata-rata 3,66 kategori sangat valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa E-LKPD pada materi Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif yang telah dikembangkan memiliki kualitas sangat baik ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, dan bahasa. Hal ini menunjukkan bahwa E-LKPD hasil pengembangan memiliki dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran pada materi Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif dikelas XI SMA


Kata Kunci


Pengembangan; Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik; NAPZA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


BNN. (2019). Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat. Badan Narkotika Nasional.

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., &

Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082

Geacelyn, Anwar, Y. & Slamet, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Berbasis Project Based Learning Materi Ekosistem Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Universitas Sriwijaya.

Kompas. (2021). 14 Pelajar dan 5 Mahasiswa di Riau Ditangkap Saat Operasi Narkotika.

Lestari, H. Vivanti, D. & Miarsyah, M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Metabolisme. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Universitas Negeri Jakarta, 1–13.

Malosi, B. (2019). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Video Dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan Tentang Bahaya NAPZA Pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri Bandar Lampung Tahun Pelajaran

/2019. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Putri, D. & Susantini, E. (2021). Penerapan E-LKPD Berbasis Strategi KWL Plus Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Melatihkan Keterampilan Metakognitif Peserta Didik. Jurnal BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(2), 367–375.

Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738

Rosyid, F. Rohaeni, N. & Rinekasari, N. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Jenis-Jenis NAPZA di SMK Pekerjaan Sosial. Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 6(2), 88–94.

Rozarie. (2019). Hukum Pidana, Narkotika dan Psikotropika. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Sari, K, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.

Sholihah, Q. (2015). Efektifitas Prigram P4GN Terhadap Pencegahan Penyalahgunaan NAPZA. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(1), 153–159.

Sihafudin, A. & Trimulyono, G. (2020). Validitas dan Keefektifan LKPD Pembuatan Virgin Coconut Oil Secara Enzimatis Berbasis PBL untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Bioteknologi. BioEdu, 9(1), 2–3.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sustina, U. (2020). Analis Kebutuhan LKPD.

Turama, D. (2022). LKPD Berbasis Majalah Elektronik dengan Model Pembelajaran Blended Learning pada Materi Sistem Reproduksi. Jurnal Education, 8(1), 98–103.

Vita Meylani, Rinaldi Rizal Putra, & R. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan Pengayaan Materi Biologi Dalam Mata Pelajaran IPA Sesuai Kurikulum Nasional bagi Guru IPA di Lingkungan SMP/Sederajat se-Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(113–17).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.19.2.154-163

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.