PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI NARKOTIKA, PSIKOTROPIKA, DAN ZAT ADIKTIF DI KELAS XI SMA
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik berbasis Flip PDF Professional pada materi narkotika, psikotropika, dan zat adiktif di kelas XI SMA yang berkualitas. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, SMAN 1 Pekanbaru, dan SMAN Plus Provinsi Riau pada bulan Februari 2021–April 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari tahap analisis, desain, dan pengembangan. Tahap analisis yaitu menganalisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan analisis materi pembelajaran. Tahap desain yaitu mendesain perangkat pembelajaran dan storyboard modul elektronik. Tahap pengembangan yaitu mengembangkan produk modul elektronik berbasis Flip PDF Professional, melakukan validasi dan uji coba terbatas tahap I dan II terhadap modul elektronik. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon, terdiri dari aspek format dan kegrafisan, aspek isi/materi, aspek bahasa, dan aspek berbasis Flip PDF Professional. Data hasil validasi dan uji coba terbatas dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi modul elektronik mendapatkan nilai rata-rata 3.74 dengan kategori sangat valid. Uji coba terbatas tahap I dan II mendapatkan nilai rata-rata 3.78 dengan kategori sangat baik. Kualitas modul elektronik mendapatkan nilai rata-rata 3.76 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis Flip PDF Professional pada materi narkotika, psikotropika, dan zat adiktif di kelas XI SMA yang telah dikembangkan memiliki kualitas sangat baik
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amanda, M. R., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja (Adolescent Substance Abuse). Jurnal Penelitian & PPM, 4 (2) 129-389.
Aprilia, A., Yudiyanto., dan Hakim, N. (2022). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Fungi Kelas X SMA. JET: Journal of Education and Teaching, 3 (2) 116-127.
Arsal, M., Danial, M., dan Hala, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI.
Bahri, A., Arifin, A.N., Saparuddin. & Abrar, A. (2021). Pengembangan E-Modul Biologi untuk Siswa SMA Kelas XII. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021. Universitas Negeri Makassar.
BNN Sulsel. (2020). Peran Sekolah dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar. Diunduh dari https://sulsel.bnn.go.id/peran-sekolah-dalam-mencegah-penyalahgunaan-narkoba-di-kalangan-pelajar/.
BNN. (2018). Awas Narkoba Masuk Desa. Jakarta: Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia.
BNN. (2019). Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat. Diunduh dari https://bnn.go.id/penggunaan-narkotika-kalangan-remaja-meningkat/.
Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082
Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172–186. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283
Erinawati, B. (2016). Pengembangan E-Modul Penggabungan dan Pemberian Efek Citra Bitmap Kelas XI Multimedia SMK Negeri 1 Klaten. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Fadhli, A. (2018). NAPZA Ancaman, Bahaya, Regulasi, dan Solusi Penanggulangannya. Yogyakarta: Gava Media.
Febrianti, F.A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF
Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4 (2) 102-115.
FlipBuilder. (2013). Flip PDF Professional. Diunduh dari https://www.flipbuilder.com/.
Herlinda., Fitria, H., & Puspita, Y. (2020). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Journal of Education Research, 1 (2) 125-133.
Himmah, E.F. (2019). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3 (1) 27-38.
Inanna., Nurjannah., Ampa, A.T., & Nurdiana. (2021). Modul Elektronik (E-Modul) Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Seminar Nasional Hasil Penelitian. Universitas Negeri Makassar.
Irnaningtyas. (2016). Biologi untuk SMA/MA Kelas XI Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Jakarta: Erlangga.
Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kemendikbud. (2020). Modul Pembelajaran SMA Biologi Kelas XI :
Psikotropika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kemendikbud. (2020). Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kemendikbud. (2021). Rumah Belajar (Psikotropika). Diunduh dari https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/sumberbelajar/tampil/Psikotropika-2016-/index.html.
Khasanah., Imroatul., & Nurmawati, I. (2021). Pengembangan Modul Digital sebagai Bahan Ajar Biologi untuk Siswa Kelas XI IPA. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 2 (1) 34-44.
Lisa, FR., Juliana., & Sutrisna W, N. (2019). Narkoba, Psikotropika, dan Gangguan Jiwa. Yogyakarta: Nuha Medika.
Mardhiyah, RH., Aldriani, S.N.F., Chitta, F., & Zulfikar, M.R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12 (1) 29-40.
Pratiwi, D.A., Maryati, S., Suharno., & Bambang, S. (2017). Biologi Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Putri, R. R. R. R., Kaspul., & Arsyad, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip PDF Professional pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (2) 93-104.
Ramadhani, K.R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Zat Adiktif dan Psikotropika Berbasis Problem Based Learning dan Konservasi di MA. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Seruni, R., Munawaroh, R., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2019). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Biokimia pada Materi Metabolisme Lipid Menggunakan Flip PDF Professional”. JTK: Jurnal Tadris
Kimiya, 4 (1) 48-56.
Setiawati, R. (2020). Pengembangan Modul dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia bagi Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi, Universitas Riau.
Sriwahyuni, I., Risdianto, R., dan Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Alat-Alat Optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2 (3) 145-152.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, T. F. Kurniadewi., & Nurjayadi, M. (2021). Development of Protein Metabolism Electronic Module by Flip PDF Professional Application.
Annual Conference on Science and Technology, 1869 1-6.
Tim UNY. (2017). Modul Pelatihan Pengembangan Buku Digital dengan Flipbook. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas Penggunaan E-Book dengan Flip PDF Professional untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains.
Seminar Nasional Fisika. 25 November 2017. FMIPA UNY.
Yusa dan Maniam, M. B. S. (2016). Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Biologi untuk Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas XI Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Bandung: Grafindo Media Pratama.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.19.2.118-134
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.