PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK BERBASIS BERPIKIR KRITIS PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Berpikir Kritis pada Materi Perubahan Lingkungan yang berkualitas. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau dan SMA Negeri 1 Teluk Kuantan pada bulan Januari hingga Maret 2022. Subjek penelitian yaitu KD 3.6 materi perubahan lingkungan kelas X SMA. Jenis penelitian yang digunakan merupakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) Research and development. Namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap Implementation. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dan angket respon. Lembar validasi terdiri dari 4 aspek yakni aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian, serta aspek kegrafikan. Rata- rata hasil validasi terhadap LKPD elektronik berdasarkan keempat aspek yaitu 3.90 dengan kategori sangat valid. Keempat aspek tersebut meliputi aspek kelayakan isi 4.00, aspek kebahasaan 3.88, aspek penyajian 3.92, dan aspek kegrafikan 3.81. Hasil uji coba terbatas tahap I mendapatkan skor rata- rata 3.91 kategori sangat baik. Sedangkan hasil uji coba terbatas tahap II mendapatkan skor rata- rata 3.92 kategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan LKPD elektronik berbasis berpikir kritis pada materi perubahan lingkungan kelas X berkualitas dan layak digunakan sebagai sumber belajar.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amtari, W., Damris M. & Anggereini, E. 2021. BIODIK: Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas XI SMA (Development of E-LKPD Based on Scientific in Human Respiratory System for Senior High School Students Grade XI). Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Vol (07) : 28–35. Diunduh dari https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/13239.
Andrian, Y. dan Rusaman. 2019. Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013. ://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/20116.
Dasari, R. (2018). Pengembangan LKS Elektronik Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Materi Bilangan Pecahan. Skripsi. Universitas Negeri Raden Intan. Lampung. Diunduh dari http://repository.radenintan.ac.id/5157/.
Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082
Daryanes, F., Sriyati, S., & Priyandoko, D. (2016). Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Habits of Mind ,Emotional Intelligence, dan Penguasaan Konsep. Seminar Nasional Dan Saintek, 570–578.
Laili, I. dan Kuntjoro, S. (2021). Validitas LKPD Pencemaran Lingkungan Berbasis Contextual Teachingand Learning (CTL) untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir kritis. BioEdu. Vol 10 (1) : 20–30. Diunduh dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu.
Laoli, P., W. dan Lase, N., K. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Posing pada Materi Ekosistem Kelas X di SMA Negeri 1 Gunungsitoli Idanoi. Vol 15 (2) : 2612-2621. Diunduh dari https://ojs.ikipgunungsitoli.ac.id/index.php/dk/article/view/116.
Khairinal., Yulia R., Suratno. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran EBook Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial. Vol 2 (1):458–470. Diunduh dari https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/583.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press
Ratih dan Nurcahyo. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi pada Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol 2 (2): 165-176. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/10966.
Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.20.1.1-10
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.