PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA KELAS X SMA

Dewi Asih Wulandari, Mariani Natalina L, Fitra Suzanti

Sari


E-LKPD merupakan sumber belajar versi elektronik yang dapat dibuka pada layar laptop ataupun handphone yang dapat digunakan siswa untuk mempelajari materi keanekaragaman hayati di kelas X. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan E-LKPD berbasis Guided Inquiry pada materi keanekaragaman hayati untuk siswa kelas X SMA yang berkualitas. Penelitian ini dilaksanakan di Kampus Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, SMAN 1 Pekanbaru, dan SMAN 8 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Pada penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap Pengembangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan validasi terhadap E-LKPD yang dikembangkan, uji coba terbatas tahap I dan II. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi E-LKPD pada keseluruhan aspek mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3.69 dengan kategori sangat valid, hasil uji coba terbatas tahap I dan uji coba terbatas tahap II pada E-LKPD mendapatkan nilai rata-rata uji coba terbatas tahap I sebesar 3.74 dengan kategori sangat baik, dan nilai rata-rata uji coba terbatas tahap II sebesar 3.77 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Guided Inquiry pada materi keanekaragaman hayati untuk siswa kelas X SMA yang telah dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik dengan nilai kualitas sebesar 3.73.


Kata Kunci


E-LKPD; Guided Inquiry; Keanekaragaman Hayati

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ananda, C. F., & Tanjung, I. F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1), 125. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i1.5107

Ardelia, N., & Juanengsih, N. (2021). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sma Negeri Kota Tangerang Selatan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 1–11.

https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p1-11

Daryanes, F. (2023). Kahoot and Quizizz Training for Teachers in the Online Learning Evaluation Process. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 9(1), 46. https://doi.org/10.22146/jpkm.70237

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082

Daryanes, F., Darmadi, & Febrita, E. (2023). Need Analysis for Development of Articulate Storyline-Based Interactive Learning Media During the Covid-19 Pandemic. ICOPE, 167–176. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-060-2_17

Daryanes, F., Dipuja, D. A., & Suzanti, F. (2022). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Teknologi Melalui Penggunaan Aplikasi Kahoot dan Quizizz Bagi Guru Pada Proses Evaluasi Pembelajaran Daring. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 913-924.

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172–186. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Dawa, R. S., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pencernaan di SMAS Katolik St. Gabriel. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.5781429

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Developing students worksheet on guided inquiry to improve critical thinking skills and learning outcomes of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4 (1), 26–40. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi

Fitria, A. D. (2017). Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X SMAN 1

Pitu Riase Kab. Sidenreng Rapang. Skripsi, Universitas Islam Negeri

Alauddin Makassar.

Fitriasari, D. N. M., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik-Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10 (3), 510–522. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p510-522

Harahap, A, V., Zulkifli, S., & Eni, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Pokok Eubacteria Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(3), 330–338.

Herianto, I. Z., & Sifak, I. (2020). Validitas dan Keefektifan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Pada Materi Psikotropika Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Sma. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 9(1), 26–32.

Hiroh, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Universitas Islam

Negri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Immah, E.F. (2019). Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Suhu dan Kalor. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung.

Latar, M. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Kelas X MATQ Al-Anshor Ambon. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Ambon.

Mardhiyah, R.H., Sekar, N.F., Febyana, C., & Muhammad, R.Z. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan 12 (1) : 29-40.

Murtiani, T. (2020). Pengaruh Model Guided Inquiry Berbantuan Elektronik-LKPD Terintegrasi Google Classroom Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Literasi Digital Peserta Didik. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Nisa, N.K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA. Skripsi, Universitas Riau.

Pakpahan, M.C., Yuliani., & Sari, K.D. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Berbasis Guided Inquiry pada Materi Enzim untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kritis. Jurnal Bioedu, 11 (3), 567-578.

Samawati, Z., & Rahayu, Y. S. (2021). Profil Validitas dan Kepraktisan E-LKPD Tipe Flipbook berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Materi Transpor Membran. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 385–396. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p385-396

Saraswati, D. (2019). Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap High Order Thinking Skill (HOTS) dengan Bantuan Alat Peraga Materi Kalor dan Perubahannya. Skripsi, UIN Raden Intan Lampung.

Sihafudin, A., & Trimulyono, G. (2020). Validitas dan Keefektifan Lkpd Pembuatan Virgin Coconut Oil Keterampilan Proses Sains Pada Materi Bioteknologi. Jurnal Bioedu, 9(1), 73–79.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Watin, E., & Kustijono, R. (2017). Efektivitas penggunaan e-book dengan flip pdf professional untuk melatihkan keterampilan proses sains. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1, 124–129. https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/25




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.19.2.135-153

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.