KOMPOSISI JENIS TEGAKAN DI HUTAN KOTA PULAU BUNGIN SEBAGAI RANCANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN HAYATI

Ance Gusti Rama, Suwondo Suwondo, Nursal Nursal

Sari


Tegakan Hutan merupakan sekumpulan pohon-pohon yang mempunyai umur, komposisi dan bentuk yang sama. Komposisi jenis tegakan hutan dapat dimanfaatkan sebagai pengayaan materi keanekaragaman hayati pada tingkat spesies. Pembelajaran keanekaragaman hayatimerupakan konsepyang mempelajari berbagai tingkatan keanekaragaman makhluk hidup, baikkeanekaragaman flora maupun fauna. Keanekaragaman hayati ini terdapat pada kelas X SMA yaitu KD 3.2 menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya. Penelitian ini dilaksanakan di Hutan Kota Pulau Bungin Kabupaten Kuantan Singingi, perancangan booklet pada keanekaragaman hayati dilakukan pada bulan Maret 2022. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode jelajah yaitu dengan menelusuri jalur setapak di wilayah Hutan Kota Pulau Bungin. KD yang cocok untuk diintegrasikan dengan hasil penelitian komposisi jenis di Hutan Kota Pulau Bungin Kabupaten Kuantan Singingi adalah KD 3.2 menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa komposisi jenis tegakan di Hutan Kota Pulau Bungin Kabupaten Kuantan Singingi ditemukan sebanyak 457 individu tumbuhan tegakan hutan yang tergolong dalam 46 spesies dari 24 suku, terdiri dari strata pertumbuhan pohon sebanyak 173 individu, tiang 107 individu, pancang 101 individu, dan semai 76 individu. Suku yang mendominasi pada keseluruhan fase pertumbuhan adalah Arecaceae. Hasil penelitian dapat diintegrasikan pada rancangan sumber belajar bookletkeanekaragaman hayati kelas X SMA.


Kata Kunci


Booklet; Tegakan Hutan; Keanekaragaman Hayati

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanes, F. (2021). Implementasi Strategi Perkuliahan “ Students as Researchers ” dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ip2b V, 108–114.

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082

Daryanes, F., & Fauza, N. (2020). Peningkatan Self Regulation Mahasiswa melalui Strategi Perkuliahan “Students as Researchers” berbasis Online Learning. Bioedusiana, 5(2), 131–144. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/bioed.v5i2.2246

Daryanes, F., & Sayuti, I. (2023). Biologi Research-based learning in biology courses to train students critical thinking skills : Student ’ s perception. Biosfer: Jurnal Pendidikan, 16(1), 124–137. https://doi.org/htt//doi.org/10.21009/biosferjpb.23160

Deswita, V., Wulandari, S., Fauziah, Y., & Daryanes, F. (2023). INVENTARISASI JENIS VEGETASI POHON DI LABORATORIUM ALAM PENDIDIKAN BIOLOGI SEBAGAI RANCANGAN BUKU SAKU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, IX(1), 66–77. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/bioilmi

Dewi, B., Hamidah, A., & Sukmono, T. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Kupu-Kupu Di Kabupaten Kerinci dan Sekitarnya Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Animalia Kelas X SMA. Biodik, 6(4), 492–506. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.9979

Hutasuhut, M. A. (2020). Inventarisasi Jenis-Jenis Arecaceae Di Kawasan Hutan Taman Nasional Gunung Leuser Desa Telagah Kabupaten Langkat Sumatera Utara. KLOROFIL: Jurnal Ilmu Biologi Dan Terapan, 2(2), 1. https://doi.org/10.30821/kfl:jibt.v2i2.7823

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2019). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(2), 83–88.

Rodiyah. (2021). Kajian Etnobotani Famili Arecaceae Oleh Masyarakat Desa Pejambon Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. 1–62.

Sandra, D., Argueta, E., Wacher, N. H., Silva, M., Valdez, L., Cruz, M., Gómez-Díaz, R. A., Casas-saavedra, L. P., De Orientación, R., Salud México, S. de, Virtual, D., Social, I. M. del S., Mediavilla, J., Fernández, M., Nocito, A., Moreno, A., Barrera, F., Simarro, F., Jiménez, S., … Faizi, M. F. (2016). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28.

Syukur, M. (2020). Keanekaragaman Jenis Tegakan Hutan Adat Sona Kabupaten Sintang. Piper, 15(29). https://doi.org/10.51826/piper.v15i29.345

Yahya, Y. (2021). Perbandingan Keragaman Genetik Trembesi (Samanea Saman) Antara Pohon Yang Terserang Penyakit Dan Pohon Sehat Berdasarkan Penanda Biokimia.

Zaida, A. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.20.1.11-28

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.