ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 5 TANJUNGPINANG
Sari
Pembelajaran diferensiasi adalah pembelajaran yang menggambarkan proses pembelajaran yang berprinsip memberikan semua siswa kesempatan terbaik untuk belajar memperoleh ilmu di dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan desember 2023 di SMAN 5 Tanjungpinang dengan menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan menggunakan purposive sampling berdasarkan pertimbangan tertentu dan data dikumpulkan melalui wawancara yang direkam untuk menunjang kebutuhan terkait pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran biologi. Validitas data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan dari penelitian menunjukkan bahwa guru sudah memahami konsep pembelajaran diferensiasi secara umum, hanya saja untuk implementasi pada mata pelajaran biologi sendiri masih belum terlaksana secara maksimal karena kurangnya kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran diferensiasi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101. Diunduh https://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2960
Daryanes, F., & Putra, R. A. (2021). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Guru Biologi Kota Pekanbaru. Journal Of Biology Education, 4(2), 138. https://doi.org/10.21043/jobe.v4i2.11660
Daryanes, F., & Putra, R. A. (2022). Creative Thinking Ability of Biology Teachers at State Senior High Schools in Pekanbaru. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5383–5392. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1377
Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif PedagogikFilosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817– 5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116
Insani, F., Nuroso, H., & Purnamasari, I. (2023). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2). Retrieved from https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1154
Kristiani, H., S., E., P., N., P., M., Anggraeni, & S., Y. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated instruction) pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar di SMPN 20 Tanggerang selataan (1 ed.). Jakarta: Kemdikbudristek.
Magdalena, I., Yoranda, D. O., Savira, D., & Billah, S. (2021). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Sudimara 5 Ciledug. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50-59. https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/1203
Mumpuniarti, Mahabbati, A., & Handoyo, R. R. (2023). Diferensiasi Pembelajaran (Pengelolaan Pembelajaran untuk Siswa yang Beragam) (1 ed.). Yogyakarta: UNY Press. Retrieved December 10, 2023.
Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research (JCSR), 1(2), 81–91. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/1150
Putra, R. A., & Daryanes, F. (2021). ANALISIS SELF REGULATION GURU BIOLOGI SMA NEGERI KOTA PEKANBARU. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1, 1–6.
Purnawanto, A. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pendagogy, 2(1), 34–54. https://jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/152
Rahadian, D. (2016). Pergeseran Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 1-7. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/download/60/50
Rahayu, F. F., Shafira, I., Avivi, A. A., Saptariana, M., & Purnama, A. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 3(3), 244-250. Retrieved from https://ejournal.penerbitjurnal.com/index.php/humaniora/article/view/315
Ria, T., & Kurniati, L. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Guruguru SMPN 4 Demak. Jurnal Awam, 3(1), 13-18. Retrieved from https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/awam/article/view/963
Savitri, N. P. W., & Juwana, I. D. P. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 SMAN 11 Denpasar. Jurnal Santiaji Pendidikan, 13(2), 97–102. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/jsp/article/view/6069
Sopianti, D. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Seni Budaya
Kelas XI di SMAN 5 Garut. KANAYAGAN Journal of Music Education, 1(1), 1-8. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/kanayagan/article/view/50950/0
Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Ips Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66-75. https://doi.org/10.15294/harmony.v7i2.621 14
Suparlan. (2006). Guru sebagai profesi. Yogyakarta: Hikayat.
Susila, I. K. D., & Aryasuari, I. G. A. I. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pengajaran ESP Dalam Kemerdekaan Belajar. Jurnal Widya Balina, 8(1), 585–592. https://doi.org/10.53958/wb.v7i1.233.
Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2). Retrieved from https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/arti cle/view/562
Werdiningsih, D., Sunismi, & Wahyuni, S. (2021). Pembelajaran Aktif dengan Case Method. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Widyawati, R. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, 11(2), 365-379. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775
Yahya, F., Irham, M., Suryani, E., Nurul Walidain, S., Samawa, U., Besar, S., & Paracendikia Sumbawa, S. N. (2023). Peningkatan Kapasitas Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Sesuai Dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 383–387. https://jurnalfkip.samawauniversity.ac.id/karya_jpm/index
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.20.1.45-54
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.