ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI MATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 4 TANJUNGPINANG

Tia Natasya, Febri Saputra, Desi Fitriani, Winda Aulya Putri, Mairiyati Mairiyati, Nevrita Nevrita

Sari


Pembelajaran berdiferensiasi adalah pendekatan pembelajaran dinamis yang memenuhi kebutuhan siswa berdasarkan kesiapan, hasil, profil, minat, dan kemampuan mereka. Konten, proses, dan hasil atau produk adalah empat cara berbeda untuk belajar. Akibatnya, peneliti ingin melakukan penelitian lebih lanjut tentang analisis implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif Pembelajaran Berdiferensiasi ketika diterapkan dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang menghasilakan dan mengolah data deskriptif seperti wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Tanjungpinang, di mana sekolah tersebut sudah melakukan pembelajaran diferensiasi dengan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi seperti menggunakan Strategi dalam pembelajaran diferensiasi seperti diskusi kelompok dan percobaan/praktikum. Dengan menentukan kriteria pemilihan strategi diferensiasi dengan cara mengelompokan secara acak yang di mana siswa di arahkan untuk saling berbagi tidak hanya berpatok kepada guru, dengan teman yang bervariasi dapat membantu temannya untuk memahami materi. Dapat disimpulkan bahwa SMP Negeri 4 Tanjungpinang sudah menerapkan pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran IPA disetiap proses pembelajarannya.


Kata Kunci


Pembelajaran Diferensiasi; Implementasi; IPA; SMP Negeri 4 Tanjungpinang

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). ). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Daryanes, F., & Putra, R. A. (2021). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Guru Biologi Kota Pekanbaru. Journal Of Biology Education, 4(2), 138. https://doi.org/10.21043/jobe.v4i2.11660

Daryanes, F., & Putra, R. A. (2022). Creative Thinking Ability of Biology Teachers at State Senior High Schools in Pekanbaru. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 5383–5392. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.1377

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika di Kurikulum Merdeka. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636-646.

Lestari, Dina. (2023). Berbagai Tantangan Pembelajaran Berdiferensiasi. [Online]. Tersedia di : https://guruinovatif.id/artikel/berbagai-tantangan-pembelajaran-berdiferensiasi. Diakses tanggal 01 Maret 2024.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Onyishi, C. N., & Sefotho, M. M. (2020). Teachers’ perspectives on the use of differentiated instruction in inclusive classrooms: Implication for teacher education. International Journal of Higher Education, 9(6), 136–150.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagody, 16(1), 34–35.

Putra, R. A., & Daryanes, F. (2021). ANALISIS SELF REGULATION GURU BIOLOGI SMA NEGERI KOTA PEKANBARU. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1, 1–6.

Siregar, L., & Naelofaria, S. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Tingkat Sekolah Dasar (SD) Di Era Pandemi Covid-19. . Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7.

Subban, P. (2006). Instruction: A Research Basis. International Education Journal, 7(7), 935–947.

Suchyadi, Y., & Nurjanah. (2022). Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 125–130.

Suchyadi, Y., & Suharyati, H. (2021). The Use Of Multimedia As An Effort To Improve The Understanding Ability Of Basic School Teachers ‘Creative Thinking In The Era “Freedom Of Learning (Zahir Publishing).

Suhartati, H., Laihad, H., & Suchyadi, Y. (2019). Development of Teacher Creativity Models to Improve Teacher’s Pedagogic Competency in the Educational Era 4.0. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 919–929.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.20.1.37-44

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.