PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA SISTEM IMUN TERINTEGRASI SALINGTEMAS (SAINS LINGKUNGAN TEKNOLOGI MASYARAKAT) UNTUK KELAS XI SMA

Anggun Fitria Agung

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan dalam pengembangan ensiklopedia sistem imun kelas XI SMA terintegrasi Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, dan Masyarakat) dan kelayakannya. Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research and Development (R&D) Borg & Gall lima tahap, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) pengujian lapangan awal, dan (5) revisi produk. Penelitian bertempat di SMAN 1 Jetis Bantul dan FMIPA UNY. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran Biologi dan angket tanggapan peserta didik yang telah dimodifikasi dari beberapa instrumen penelitian lain. Instrumen penelitian menggunakan skala Guttman dan Likert. Terdapat tiga aspek yang menjadi pertimbangan utama dalam pengembangan ensiklopedia sistem imun terintegrasi salingtemas ini, yaitu kebenaran konsep, penyajian materi dan tampilan media. Berdasarkan hasil uji kelayakan media, rerata indeks aspek kebenaran materi berdasarkan skala Guttman sebesar 94,79%, sedangkan rerata indeks aspek lain berdasarkan skala likert oleh ahli materi sebesar 78,82%. Nilai rerata indeks berdasarkan aspek oleh ahli media, guru dan peserta didik berturut-turut sebesar 80,46%, 76,76% dan 79,39%. Berdasarkan hasil tersebut, maka ensiklopedia sistem imun salingtemas secara keseluruhan berkategori sangat layak untuk digunakan. Diharapkan media ini dapat digunakan untuk memudahkan dalam mempelajari dan memahami materi sistem imun kelas XI SMA.


Kata Kunci


Ensiklopedia; Salingtemas; Sistem Imun; SMA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, F., & Wachidah, K. (2024). Desain Media Pembelajaran Ensiklopedia Sains Interaktif Untuk Penyandang Difabel. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 01(04), 1–14.

Arlitasari, O., Budiharti, R., & Pujayanto. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bebasis Salingtemas Dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 81–89.

Assyauqi, M. I. (2020). Model Pengembangan Borg and Gall. Institut Agama Islam Negeriegeri, December, 2–8.

Cahyawulan, W., & Rachmawati, D. (2018). Pengembangan Ensiklopedia Pekerjaan Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) untuk Peserta Didik Kelas X di SMA Suluh Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(2), 140–146. https://doi.org/10.21009/insight.072.03

Danang Sumari, G., & Aminatun, T. (2021). Pengembangan M-Learning Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 8(2), 103–113. https://doi.org/10.21831/jpms.v8i2.21224

Daryanes, F. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Strategi Perkuliahan “Students As Researchers” Dalam Melatih Kemampuan Self Regulation Mahasiswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 103–111. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v6i2.6962

Daryanes, F. (2021). Implementasi Strategi Perkuliahan “ Students as Researchers ” dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ip2b V, 108–114.

Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M. A., & Situmorang, D. D. B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082

Daryanes, F., & Sayuti, I. (2023). Biologi Research-based learning in biology courses to train students critical thinking skills : Student ’ s perception. Biosfer: Jurnal Pendidikan, 16(1), 124–137. https://doi.org/htt//doi.org/10.21009/biosferjpb.23160

Frank, M., & Barzilai, A. (2006). Project-based technology: Instructional strategy for developing technological literacy. Journal of Technology Education, 18(1), 39–53. https://doi.org/10.21061/jte.v18i1.a.3

Kemdikbud. (2017). Buku Teks dan Pengayaan.

Kemendikbud. (2016). Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Sekolah. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Khasanah, N. (2015). SETS (Science, Environmental, Technology and Society ) sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern pada Kurikulum 2013. Seminar Nasional Konservasi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, 270–277.

Lestari, A. S. (2014). Modules, Subjects, Learning Media. Al-Ta’dib, 7(2), 154–176.

Noviar, D., & Sulistiyawati. (2014). Pengembangan Ensiklopedi IPA Terpadu Berbasis Potensi Lokal Sebagai Bahan Ajar Mandiri Bagi Siswa SD/MI. Proceeding Biology Education Conference (UNS), 11(1), 1060–1068.

Nuraida, D., & Mahmudatun, N. U. (2017). Pengembangan Ensiklopedia Morfologi, Anatomi dan Fisiologi pada Tumbuhan Berkarakter Khusus Development Encyclopedia of Morphology, Anatomy and Physiology in Plants with Special Character. Proceeding Biology Education Conference, 14, 503–507.

Nuryanto, & Binadja, A. (2010). Efektivitas Pembelajaran Kimia Dengan Pendekatan Salingtemas Ditinjau Dari Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 552–556.

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Rahmatan, R. (2017). Pengaruh Diagram Roundhouse terhadap Kreativitas Siswa dalam Menghasilkan Produk Pada Materi Sistem Imun di MAN 1 Pidie Jaya. In Universitas Nusantara PGRI Kediri (Vol. 01). Univeristas Islam Negeri Ar-Raniry.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualotatif dan R&D.

Suriyanto, & Alinata, S. R. (2016). Penerapan Pendekatan Salingtemas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1), 1421–1430.

Trisnaningsih, S., Suyanto, S., & Rahayu, T. (2016). Pengembangan Learning Management System Quipper School Pada Pembelajaran Materi Sistem Pertahanan Tubuh Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(6), 28–36.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.20.2.71-88

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.