VALIDITAS E-HANDOUT BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN UNTUK KELAS XI SMA

Rahmi Gemila Sari, Siska Nerita, Elza Safitri

Sari


Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada masa ini menuntut guru untuk dapat merancang dan menggunakan perangkat pembelajaran yang mencerminkan kemajuan teknologi. Kegiatan proses pembelajaran yang berlangsung umumnya siswa telah menggunakan bahan ajar berupa buku paket dan LKS. Namun bahan ajar yang digunakan masih terdapat kekurangan yaitu keterbatasan jumlah dan kurang efiesien. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi hendaknya perlu ada keterbaruan bahan ajar yang dikemas dengan menarik dan informatif salah satunya dapat berupa bahan ajar yang dapat diakses menggunakan link yang terhubung menggunakan koneksi internet dengan tampilan berbentuk flipbook sehingga dapat digunakan kapanpun dan dimanapun serta memudahkan siswa dalam proses belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-handout berbasis mind mapping pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk siswa kelas XI SMA yang valid. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 3D yaitu Define, Design, Develop. Tahap Develop salah satunya uji validitas. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil uji validitas dinyatakan sangat valid (98,35%) yang terdiri dari aspek tampilan, pemograman, isi, dan penyajian. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa e-handout berbasis mind mapping pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk siswa kelas XI SMA yang dihasilkan sangat valid.


Kata Kunci


Validitas; E-handout; Mind Mapping

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, B., Widiyaningtyas, T., & Pujianto, U. (2019). Pengembangan bahan ajar perakitan komputer bermuatan augmented reality untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Tekno, 29(2), 97. https://doi.org/10.17977/um034v29i2p97-115

Ashidiq, D. H., Ristanto, R. H., & Miarsyah, M. (2020). Developing Adobe Flash-Based Interactive Instructional Media to Improve Students ’ Competencies. Indonesian Journal of Biology Education, 3(2), 34–43.

Asiyani. (2019). Pengembangan Handout Berbasis Elektronik Menggunakan Teknik Mnemonik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Peserta Didik Kelas X di SMA/MA. Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Belawati. (2013). Pengembangan Bahan Ajar. Universitas Terbuka.

Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Map. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Daryanes, F. (2021). Implementasi Strategi Perkuliahan “ Students as Researchers ” dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Ip2b V, 108–114.

Daryanes, F., Dipuja, D. A., & Suzanti, F. (2022). MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT DAN QUIZIZZ BAGI A . LATAR BELAKANG berpengaruh pada semua sektor kehidupan . Sektor kesehatan , ekonomi , dalam situasi saat ini . Sejak merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia pada bulan Maret 2020 , pemerintah Indonesi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1–3.

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172–186. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Eliyanti, E., Taufina, T., & Hakim, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 838–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.439

Fajarini, A., Soetjipto, B. E., & Hanurawan, F. (2016). Developing A Social Studies Module by Using P roblem Based Learning ( PBL ) With Scaffolding for the Seventh Grade Students in A Junior High School in Malang , Indonesia. Journal of Research & Method in Education, 6(1), 62–69. https://doi.org/10.9790/7388-06126269

Irawati, H. (2019). The Development of Textbook For A Course of Pengembangan Bahan Ajar Biologi (Biology Teaching Material Development) For Biology Education Department Students of Universitas Ahmad Dahlan. Indonesian Journal of Biology Education, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.31002/ijobe.v2i1.1247

Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22

Kristiana, D. (2016). Implementasi Mind Mapping Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1–9.

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245

Marxy, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Seminar Nasional: Jambore Konseling 3, 00(00), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00

Mawarni, S., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. 4(1), 84–96.

Nerita, S., Hartati, Y. S., Maizeli, A., & Afza, A. (2018). Validitas Handout Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Perkuliahan Evaluasi Proses Dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.131

Nurhairunnisah, N., & Sujarwo, S. (2018). Bahan ajar interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep Matematika pada siswa SMA kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 192–203. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15320

Orkha, M. F., Anggun, D. P., & Wigati, I. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Mind Mapping pada Materi Sistem Peredaran Darah SMA. Bioilmi, 6(2), 77–85.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kratif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Pers.

Prathama, F., & Sahetapy, L. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Aplikasi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Ulang konsumen E-Commerce Lazada. Agora, Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1).

Putra, D. S. (2022). PENGEMBANGAN E-HANDOUT BERBASIS MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM GERAK DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 ACEH BARAT DAYA (Issue 8.5.2017). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Putri, K. A. M. (2021). Pengembangan E-Handout Kelas XI BKP SMKN 1 Madiun Mata Pelajaran Perencanaan Bisnis Kinstruksi dan Properti. Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB), 7(2), 1–9.

Ratnawulan, E. dan R. (2015). Evaluasi Belajar. CV Pustaka Setia.

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Ririen, D., & Daryanes, F. (2022). Analisis Literasi Digital Mahasiswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 210. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11738

Sari, R. T. (2017). Uji Validitas Modul Pembelajaran Biologi Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Melalui Pendekatan Konstruktivisme Untuk Kelas Ix Smp. Scientiae Educatia, 6(1), 22. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i1.1296

Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.p67-76




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/biogenesis.19.1.43-52

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Copyright (c):
Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau

Alamat Redaksi:
Kampus Binawidya KM 12,5 Simpang Baru, Kecamatan Tampan
Pekanbaru, Riau, Indonesia 28293
Program Studi Pendidikan Biologi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Riau

  

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.